Debit Hujan Tinggi Sungai Belawan Meluap Hingga Timbulkan Banjir Kota Medan

0
255

MEDAN, Hujan deras yang mengguyur Kota Medan pada sore Pukul 18.00 hingga malam Pukul 22.00 WIB, Kamis (4/12) menyebakan sungai belawan meluap menggenangi pemukiman warga Kampung Lalang.

Pantauan Awak media ini, pada Pukul 22.00 WIB, luapan sungai belawan menimbulkan banjir di beberapa tempat seperti daerah Tanjung Selamat Pajak Melati sampai jalan TB Simatupang dan Jalan Pinang Baris.

Daerah bajir yang memgalami kondisi terparah akibat luapan sungai Belawan yakni disekitar Wilayah Kampung Lalang Kecamantan Medan.

Beredar Video yang berdurasi 3 menit, tampak beberapa wanita sedang berada diatas atap rumah mereka dan meminta bantuan tim sar untuk menyelamatkan mereka. Video tersebut diambil diatas atap rumah dalam situasi gelap.

Melihat warga dalam video tersebut, menunjukkan bahwa luapan banjir mencapai 2-3 meter didaerah pemukiman warga yang tidak jauh dari aliran sungai belawan.

Diperkirakan penyebab sungai belawan meluap hingga menyebabkan banjir di beberapa daerah sekitar sungai belawan karena debit hujan yang sangat tinggi.

Selain menggenangi pemukiman warga, luapan sungai belawan juga mengenangi ruas jalan yang mengakibatkan lalu lintas terganggu seperti jalan Tanjung Selamat, Pajak Melati sampai jalan TB Simatupang dan Jalan Pinang Baris. Beberapa kenderaan baik roda 4 dan roda 2 terlihat mogok saat melintas di jalan TB Simatupang dan Jalan Pinang Baris.

Untuk membantu para pengemudi yang kenderaannya mengalami mogok ditengah jalan, warga sekitar tampak turun kejalan untuk membantu mendorong kendraan yang mogok tersebut.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here