Debat Perdana Capres-Cawapres, Jokowi Ma’ruf Amin Akan Bahas Pelanggaran Ham 98 dan Korupsi PT DGI

0
85

Jakarta, Independennews.com — Debat Sesi Perdana Capres-Cawapres, Pada Kamis 17 Januari 2019, pekan ini, Tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin akan menyinggung  Kasus pelanggaran HAM tahun 1998 dan Korupsi PT DGI.

Jokowi – Maruf Amin dipastikan akan  memperdebatkan kasus pelanggaran HAM terhadap penculikan aktivis  Reformasi pada tahun 1998 lalu, dalam debat pertama Pilpres 2019.

Koordinator debat Tim Kampanye Nasional Jokowi – Maruf Amin, dikutip dari suara.com mengatakan,    dalam bebat nantinya, selain kasus penculikan aktivis, juga akan mempersoalkan korupsi korporasi PT Duta Graha Indah (DGI) menjadi pembahasan dalam debat.

Dia juga mengatakan, sesi perdana debat pilpres 2019 akan menjadi ruang untuk mempertanyakan dua kasus tersebut kepada kubu Capres dan Cawapres nomor urut 2 , Prabowo Subianto- Sandiaga Uno.

“Pertama, soal kasus pelanggaran HAM dan penghilangan orang yang diduga dilakukan Pak Prabowo. Ini saya kira menjadi hal penting yang harus digaris bawahi, agar masyarakat tidak lupa dan mengetahui jejak rekam seseorang. Bahwa pemimpin Indonesia ini harus orang-orang baik,” kata Karding kepada wartawan.

Salain itu, Kata Harding, kasus lain yang akan disinggung ialah  kasus korupsi korporasi PT DGI. Sebab, Sandiaga Uno tercatat pernah menjadi komisaris perusahaan itu.

Untuk diketahui, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (3/1), memvonis PT Nusa Konstruksi Enjiniring, sebelumnya bernama PT Duta Graha Indah membayar denda Rp 700 juta dan uang pengganti kerugian negara Rp 85,4 miliar.

Vonis itu diberikan karena majelis hakim menilai PT NKE terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek pembangunan Rumah Sakit Khusus Infeksi dan Pariwisata Universitas Udayana dan tujuh proyek lain.

“Pasangan calon 02 komisaris PT DGI. Bahkan, Sandiaga sempat menjadi saksi di persidangan kasus PT DGI pada 7 September 2017. Ini yang akan kami pertanyaan untuk diklarifikasi Prabowo dan Sandiaga,” kata Kadir.

(sumber : Suara.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.