Danlanal TBK Sampaikan Amanat KSAL Hari Dharma Samudera

0
103

Karimun, Independennews.com –Komandan Lanal Tg. Balai Karimun Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro S.E.,M.Tr.Hanla memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2019 di Dermaga Mako Lanal Tg. Balai Karimun, bertindak selaku Komandan Upacara Dan Unit Intel Lanal Tg Balai Karimun Lettu Laut (KH) Suhartono yang diikuti oleh satu pleton Perwira, satu pleton Bintara, satu pleton Tamtama, dan satu regu Saka Bahari Lanal Tg Balai Karimun Selasa, (15/01/2019).

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Aji, S.E., M.M yang dibacakan Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, S.E.M.Tr.hanla bahwa upacara Hari Dharma Samudera yang diselenggarakan rutin setiap tahun ini, merupakan upacara memperingati peristiwa heroik yang terjadi di Laut Aru pada 57 tahun silam. Terjadi pertempuran laut yang melibatkan tiga kapal cepat torpedo TNI Angkatan Laut yaitu RI Macan Tutul, RI Harimau dan RI Macan Kumbang menghadapi kapal perang kerajaan belanda pada misi infiltrasi mendaratkan pasukan Angkatan Darat di Timur Kaimana sebagai langkah awal perjuangan Trikora.

Saat itu Komodor Yos Sudarso yang berada di KRI Matjan Tutul, mengambil alih komando kapal tersebut dengan melakukan manuver menyongsong gerak maju tiga kapal kombatan Belanda, sehingga semua serangan kapal musuh hanya tertuju pada KRI Matjan Tutul.

“Pekik penuh semangat Komodor Yos Sudarso “Kobarkan semangat pertempuran” yang diserukan melalui jaring komunikasi, mengiringi perlawanan KRI Matjan Tutul menghadang Armada Belanda. Meskipun pada akhirnya KRI Matjan Tutul tenggelam secara gentle and brave bersama sang Komodor Yos Sudarso yang gugur sebagai kusuma bangsa, semangat pertempurannya tak akan pernah pudar dan lekang oleh waktu.

Pengorbanan para pahlawan tersebut, telah menorehkan tinta emas dalam sejarah nasional perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI,

Oleh karena itu, untuk mengenang peristiwa heroik tersebut, pemimpin TNI Angkatan Laut menetapkan tanggal 15 Januari sebagai hari Dharma Samudera. tegasnya.

Mengahkiri amanatnya melalui peringatan hari Dharma Samudera ini, saya menekankan kepada kita semua untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta nilai-nilai keteladanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita.

Hal tersebut sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional dan modern serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global. (PenLanal TBK)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.