Dana IMTA Tahun 2021 Melambung Rp15.6M, Apa Saja Manfaatnya?

0
149

Independennews.com, Batam – Keberadaan virus Covid-19 sampai saat ini belum juga dapat diatasi sepenuhnya. Dampaknya masih mempengaruhi segala sektor salah satunya meningkatnya dana IMTA di Kota Batam.

IMTA atau Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing merupakan izin khusus yang wajib dimiliki oleh Warga Negara Asing (WNA) jika ia bekerja di Indonesia.

Kabid Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam, Maryulis menyampaikan, bahwa peningkatan dana IMTA disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang mengharuskan pekerja asing untuk memperpanjang izin mereka.

“Dalam memperpanjang masa kerjanya di Batam, tentunya mereka para tenaga kerja asing harus mengeluarkan dana yang disebut dengan IMTA,” ujar Maryulis kepada media Independennews.com saat dikonfirmasi lewat telepon pribadinya, Senin (14/6/21).

Sebelumnya, Kepala Bidang Perizinan Penanaman Modal, Ekonomi dan Sosial DPMPTSP Pemko Batam, Resa Marlinda menyampaikan dana IMTA yang terkumpul pada tahun 2021 sebesar Rp. 15,6 Miliar dan yang terserap hanyalah Rp. 12,5 Miliar.

“Untuk tahun 2021 dana IMTA ini sebenarnya ada Rp. 15,6 Miliar tetapi yang terlaksana cuma Rp. 12,5 Miliar,” ujar Resa saat mengikuti Rapat Koordinasi di Ruang Komisi IV DPRD Kota Batam, Rabu (09/06/21) lalu.

Sementara itu, kata Maryulis, dana IMTA yang diberikan oleh DPMPTSP kepada Disnaker sebesar 70% dan sudah melebihi target.

“Dana tersebut bukanlah tidak terserap melainkan sudah melebihi target dari yang ditetapkan oleh DPMPTSP,” ungkapnya.

Terkait dengan sisa dana IMTA, Maryulis mengatakan, Disnaker akan melakukan rapat dengan Bappeda untuk membahas Rencana Kerja (Renja).

“Sekarang kami diminta RKPD untuk perubahan karena dana lebih. Informasi yang kita dapat dari Bappeda, bulan Juli akan dilakukan perubahan,” pungkasnya.

“Jadi sekarang dari target yang ditetapkan melebihi, brarti IMTA naik jadi nanti tambah kegiatan,” sambungnya.

Adapun dana IMTA ini dikatakan Maryulis akan di tujukan kepada peningkatan kompetensi para tenaga kerja lokal.

“Semakin kita tinggikan kompetensi tenaga kerja nanti kita gunakan untuk mengganti pekerja asing di perusahaan itu, brarti ada keberhasilan,” pungkasnya.

Untuk informasi, adapun besaran perpanjangan dana IMTA yang harus dikeluarkan oleh para TKA sebesar USD 100 (100 dollar AS) per orang per bulan yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kota Batam No. 4 Tahun 2013 tentang Retribusi Perpanjangan IMTA.(SOP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here