Bupati Karimun Rafiq Hadiri pemusnahan Barang Tegahan Bea dan Cukai Kepri

0
268

Karimun, Independennews.com — Bupati Karimun H. Aunur Rapiq menghadiri pemusnahan jutaan batang rokok ilegal, miras dan pakaian bekas di Kanwilsus Bea Cukai kepulauan Riau, Kamis (12/9/18). Sedikitnya 1.338.000 batang rokok ilegal dari berbagai merek.

Barang tersebut merupakan barang hasil penindakan kantor wilayah Bea Cukai khusus kepulauan Riau dan 12.549. 544 batang rokok ilegal hasil penindakan Bea Cukai Tanjung Balai Karimun. Selian rokok ilegal, minuman keras seperti minuman Abc, carlsberg.

Adapun barang ilegal yang dimusnahkan merupakan hasil tegahan dari kegiatan penindakan Bea dan Cukai kanwilsus kepulauan Riau sejak bulan juli 2017 hingga periode februari 2018.

Kepala kantor Bea Cukai wilayah khusus kepulauan Riau, Rusman Hadi mengatakan, bahwa sebagai bentuk transparansi Bea Cukai dalam melaksanakan tugas di bidang pengawasan, khususnya dalam kegiatan penindakan, kantor wilayah khusus Bea Cukai kepulauan Riau dan Bea Cukai Tanjung Balai Karimun melaksanakan pemusnahan barang milik negara hasil penindakan berupa barang kena cukai dan barang barang lainya atas pelanggaran tindak pidana di bidang kepabeaan dan Cukai.

Dia memperkirakan nilai barang yang dimusnahkan sekitar Rp 6.311.507.000 hasil penindakan oleh kanwilsus Bea Cukai kepulauan Riau, dan nilai hasil penindakan oleh Bea Cukai Tanjung Balai Karimun sekitar Rp.592.703.000. sedangkan potensi penerimaan negara akibat tidak terpungutnya cukai atas rokok dan miras yang dimusnahkan senilai Rp6.904.210.000.

“Keberhasilan Kantor Wilayah khusus Bea Cukai kepulauan Riau dan Bea Cukai Tanjung Balai Karimun melakukan penindakan atas kegiatan pengawasan barang kena cukai serta patroli laut dalam lingkup pengawasan Bea Cukai khusus kepulauan Riau, dan dinyatakan tidak memenuhi persyaratan impor maupun ekspor atau tidak dilengkapi dengan surat izin atau rekomendasi dari Instansi yang berwenang,” tutup Rusman Hadi.

Turut hadir dalam acara pemusnahan, tersebut bupati Karimun Aunur Rapiq, Dandim 0317/TBK perwakilan Polres Karimun perwakilan Kejari, perwakilan Danlanal, Pelindo Karimun serta sejumlah awak media.(Razaali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.