Bulan Bhakti Goro, Wakil Bupati Zardewan : Goro Perkuat Kebersamaan Menuju Desa Mandiri

0
624

INDEPRNDENNEWS.COM, PELELAWAN — Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 16 tahun 2019 Tingkat Kabupaten Pelalawan dilaksanakan di Desa Lubuk Ogung, Kecamatan Bandar Sei Kijang, Selasa (22/10/2019). Selain gotong royong bersama, acara ini juga di isi dengan berbagai pertandingan olahraga dan penanaman pohon.

Dalam acara Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ini tampak dihadiri oleh Wakil Bupati Pelalawan, H. Zardewan, Kepala DPMD DrsZamurdas, Mayor Salmon Tarigan anggota Kodim, Iptu Rohman anggota Polres Pelalawan, ketua Tp Pkk ibu Hj Ratna mainar Kadisduk Capil, NifptoaninS. Sos, M.Si, Camat Sei Kijang Wazarman, SE.

Wakil Bupati Pelalawan H.Zardewan, dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya terus memperkuat ikatan persaudaraan dan kebersamaan dalam memupuk jiwa kegotong royongan.

“Dalam rangka memperkuat ikatan persaudaraan seperti ini senantiasa harus kita lakukan, agar menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan dalam memupuk gotong royong,” ucapnya.

Lanjutnya, Semangat gotong royong sudah melegenda dan pernah jaya pada masa lampau di daerah kita. Kalau di Kabupaten Kampar, kegiatan seperti ini dikenal dengan tradisi Batabo, kalau di pelalawan ini dikenal dengan tradisi, Basolang.

Tradisi Basolang ini dapat melakukan pekerjaan secara bersama-sama dalam waktu yang singkat. Seperti membangun rumah, membuka ladang, dan sawah dan membuka kebun dan lain-lain.

Oleh karena itu, Kata Zardewan, mari kita hidupkan kembali tradisi Basolang yang pernah membumi di daerah kita . Hal ini merupakan upaya mendorong inovasi di Desa dalam mensejahterakan masyarakat menuju Desa mandiri. Berkat gotong royong Kabupaten Pelalawan berhasil menaikkan setatus empat Desa menjadi desa mandiri.

“Selaras dengan Visi dan Misi Kabupaten Pelalawan yaitu inovasi menuju Pelalawan emas, maka masyarakat di Desa diharapkan juga turut serta melahirkan inovasi-inovasi baru dalam kehidupan sehari hari, dengan didasari oleh pertimbangan utama, yaitu memperkuat integritas sosial dalam kehidupan masyarakat pada skala lokal. Tujuannya, supaya tercipta keharmonisan kehidupan bersama yang akan bermuara pada penguatan persatuan dan kesatuan NKRI.

“Dan melalui kesempatan ini, saya mengajak semua pihak agar secara bergotong-royong untuk berpartisipasi dalam mensukseskan usaha pencegahan dan penanganan stunting di Kabupaten Pelalawan. Sehingga tidak ada lagi bayi- bayi yang gagal dalam pertumbuhan, yang diakibatkan kurang pengetahuan masyarakat tentang gizi, dan juga lingkungan yang kurang bersih, atau bahkan karena salah asuh.

“Semua itu bisa kita eliminir secara tuntas dengan semangat bersama semua pihak. Sehingga kita terhindar dari kerugian generasi yang lemah dimasa mendatang, bahkan lebih fatal lagi bisa terjadi loss generation. Resiko stunting terbesar terjadi di desa. Maka melalui kesempatan ini juga saya atas nama Pemerintah Kabupaten Pelalawan meminta Dinas-Dinas terkait agar fokus dalam hal ini”. Tandasnya mengakhiri.

Liputan: Harris.S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.