Berniat Pasarkan Produk Lokal ke Pasar Global, Kemendag: Simak Tata Caranya

0
201

 

Independennews.com, Batam – Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui akun Twitternya mengunggah tata cara pemasaran produk lokal ke luar negeri (pasar global). Unggahan tersebut diunggah pada, Rabu (19/05/21).

Melihat besarnya peluang ekspor yang terbuka lebar, Kemendag memberikan kesempatan bagi perusahaan besar dan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memasarkan produknya ke berbagai negara yang dituju.

“Adapun hal pertama yang perlu diperhatikan ketika ingin memulai bisnis ekspor yaitu memilih produk yang tepat dan negara tujuan yang sesuai setelah itu siapkan legalitas usaha dan dokumen ekspor,” tulis Kemendag dalam keterangan unggahannya.

Langkah selanjutnya adalah dengan mencari informasi mengenai tata niaga (peraturan) di dalam negeri dan negara tujuan ekspor melalui sumber resmi, salah satunya melalui portal exim.kemendag.co.id.

Berdasarkan pantauan media ini, didalam sistem tersebut kita akan menemukan sebuah sistem yang akan membantu dalam menemukan negara tujuan ekspor berdasarkan skema Free Trade Agreement (FTA) atau Preferential Trade Agreement (PTA) atau Comprehensive Economic Partnership (CEPA) yang lebih mudah dan menguntungkan.

Sedangkan untuk fitur yang diperoleh berupa Tarif, Ketentuan Asal Barang (ROO), Peraturan Negara Tujuan (NTMs), Persyaratan dan Peraturan.

“Selanjutnya manfaatkan fasilitas ekspor dari pemerintah yang bisa dicari melalui laman djpen.kemendag.go.id,” tutup Kemendag.(SOP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here