Banjir Kiriman Sungai Jujuhan, Jalan Utama Jujuhan Ilir Lumpuh Total

0
835

Muarobungo, Independennews.com — Diguyur hujan beberapa hari terakhir, jalan menuju Kecamatan Jujuhan Ilir, Kabupaten Bungo mengalami kebanjiran. Dari pantauan dilapangan, banjir saat ini sudah mengenangi pemukiman warga yang diketahui sudah mencapai lebih kurang 2 meter. Genangan air di wilayah ini diakibatkan banjir kiriman dari Sungai Jujuhan ke Sungai Jujuhan Ilir .

Dusun di wilayah Kecamatan Jujuhan Ilir yang terendam banjir saat ini di antaranya Dusun Pulau Batu, dusun Aur Gading , dusun Lubuk Tenam dan Dusun Tepian Danto .

Banjir saat ini, menyebabkan barang barang milik warga banyak yang terendam, berupa barang elektronik, kendaraan roda empat dan roda dua. Fatalnya lagi, akses jalan Jujuhan Ilir satu satunya tidak bisa di lewati dan lumpuh total.

Sementara itu, untuk bisa terhubung ke Jalan Lintas Sumatera masyarakat harus melewati jalan Sungai Rumbai yang jarak tempuhnya lumayan jauh .

Menurut Jefri, warga setempat mengatakan terputusnya akses jalan saat ini dapat menghambat lalu lintas warga yang ingin melintasi keluar masuk Kecamatan Jujuhan Ilir.

“Akses transportasi Jalan Jujuhan tidak bisa dilalui kenderaan roda dua dan roda empat akibat genangan air setinggi 1- 2 meter.” tutur Jefri warga Dusun Tepian Danto.

Lanjut Jefri, warga terpaks harus menempuh jalur keliling yang jaraknya lumayan jauh yakni melewati Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumbar.

“Pada waktu yang bersamaan, M.Amin, Rio (kepala Desa) Dusun Pulau Batu juga menambahkan saat ini warga sibuk mengevakuasi barang milik mereka ketempat yang lebih tinggi agar terselamatkan dari ancaman banjir yang lebih tinggi lagi nantinya.” ujarnya

Dia juga menyampaikan rasa kasihnya kepada Team Basarnas terhadap bantuan yang telah diturunkan kepada warga.

“Kami sangat berterima kasih kepada Basarnas yang sudah membantu warga untuk mengevakuasi barang-barang berharga milik warga ke tempat yang lebih aman, ” Imbuh nya sembari berharap bantuan air bersih dan makanan . (Dar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here