Bambang Harimurti : Kemajuan Suatu Negara Karena Ada Kebebasan Pers

0
414

Independennews.com, Batam — Bambang Harimurti tokoh Pers Nasional mengatakan Kemajuan Suatu Bangsa erat hubungannya dengan Kemerdekaan Pers di dalam suatu Bangsa.

Dijelaskan Bambang, Hal tersebut
berdasarkan hasil penelitian ( World Bank) Bank Dunia, bahwa negara-negara maju di Dunia saat ini memang kemerdekaan pers-nya benar-benar terwujud.

Kemajuan Suatu Bangsa menurut penelitian World Bank, Kemerdekaan Pers bermanfaat sebagai pengawasan dan monitoring jalannya roda pembangunan suatu negara.

“Negara maju didunia seperti Amerika Serikat, Negara negara Eropa dan negara di Asia seperti Jepang, Korea, Hongkong dan Australia, Bahwa nota bene di negara maju tersebut teruwujud Kebebasan Pers sebagai penyeimbang jalannya roda pembangunan ekonomi.” Ujar Bambang Harimurti dalam workshop yang di gelar oleh Dewan Pers dengan sejumlah media online, TV, Radio dan Media Cetak, Kamis (30/8/18) di Hotel Nagoya Hill Batam, Kepulauan Riau.

Sebaliknya, Kata Harmurti , bukti apabila dalam suatu negara terjadi pengekangan atau kemerdekaan pers tidak dapat diwujudkan maka negara tersebut tidak akan bisa maju.

“Negara negara berkembang saat ini kebebasan persnya belum teruwujud, bahkan masih dalam pengekangan. Apalagi jika media sudah tidak melakukan fungsinya sebagai sosial kontrol, bahkan bila media sudah jadi ” Anjing Herdernya para penguasa, p lebih parah lagi jika Pers penjilat bagi penguasa, media akan dapat di dikte. Hal itulah yang terjadi bagi Negara negara terbelakang atau negara berkembang,” Terang Bambang

Selama 50 tahun program pinjaman bagi negara negara didunia yang bertujuan untuk mengentaskan masyarakat dunia dari garis kemiskinan.

Namun justru banyak kepala negara yang memanfaatkan dana tersebut untuk kepentingan pribadi, atau dikropsi sehingga di negara berkembang tersebut dilaksanakan tidak berhasil lantaran banyak pemimpin. negara yang justru merampok atau mengorupsi dana pinjaman tersebut. Media yang seharusnya selaku penyeimbang dalam pelaksanaan pembangunan program pengentasan kemiskianan di berbagai negara, sebahagian negara malah melakukan pengekangan Pers untuk menutupi kebobrokannya. Hal itu banyak terjadi dibelahan dunia, Negara Negara sedang berkembang dan Negara terbelakang.

Menurutnya, bahwa Kemajuan dan keberhasilan pembangunan ekonomi di suatu negara sejalan dengan kemerdekaan pers.

Negara kita, kata Bambang, hingga saat ini belum masuk dalam kategori Negara yang memberikan Kebebasan Pers, dalam arti kata pers masih dalam kategori pengekangan, bahkan tak sedikit media tak melakukan fungsinnya
Sebagai sosial kontrol, atau yang penting bapak senang.

“Keliru besar bila pers Indonesia sudah kebablasan, justru masih sangat jauh bila dibanding negara maju. Contohnya saja hingga kini masih ada pasal pencemaran nama baik yang sebetulnya orang itu tidak baik.” tandasnya.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.