600 KK warga Tanjung Permai Seri Kuala Lobam Bintan, Dapat Air Bersih Dari Danau Bekas Galian Tambang

0
936

Bintan -sebanyak 600 Kepala Keluarga, warga kelurahan tanjung permai, kecamatan seri kuala lobam , Kabupaten Bintan, sejak tahun 2012 telah menggantungkan kebutuhan air bersih dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dikelola secara swadaya masyarakat.

“Danau tampungan air itu, dulunya bekas galian tambang yang terletak di desa lepan. Danau eks tambang tersebut di manfaatkan sedikitnya 600 kepala keluarga,” Ujar Ruslan salah seorang warga yang baru terpilih untuk mengelola SPAM tersebut.
Menurutnya, SPAM yang dikelolah kelompok masyarakat ini telah berjalan lebih kurang 5 tabun, tetapi pada 6 bulan terakhir ini, SPAM yang dikelola oleh swadaya masyarakat tersebut, mandek tak berjalan, hal ini tidak lain karena sistim pengelolanya tidak benar sehingga tidak dapat mengalir kepada rumah rumah warga,” kata Ruslan Kepada awak media ini , (23/5/17)

” awal mulanya spam ini berjalan dengan baik, bahkan awalnya saya yang pertama kali ikut dalam mengerjakan spam tersebut, ” terangnya

Meskipun demikian, kami sebagai pengurus baru terpilih akan tetap berupaya membenahi pengelolaan SPAM yang menjadi tumpuan bagi 600 kepala keluarga di kelurahan seri kualan lobam.

Saat ini, sebenarnya yang menjadi kendala 6 bulan terakhir ialah mesin mengalami kerusakan, untuk memperbaiki nya butuh biaya yang cukup besar, sementara saat ini biaya opersional tidak ada atau minus. Hal ini disebabkan karena menagement pengelolaan yang buruk sehingga spam tutup tak bergerak hingga berlarut larut 6 bulan.”katanya

Ruslan sebagai pengurus atau pengelola yang baru terpilih berharap bersama dengan timnya dan dengan semangat yang baru, ia yakin air bersih yang dibutuhkan masyarakat akan dapat mengalir kerumah rumah palanggan spam.

“Kami berkomitmen tidak akan mengecewakan palanggan atau masyarakat.”katanya.
sementara itu camat Seri kuala lobam Raja lukman mengatakan sangat mendukung program spam ini, sehubungan dengan telah di bangunnya beberapa tahun yang lalu.

“yah, akanntetap kita dukung dan semoga tersusun berjalan dengan baik.”kata Raja Lukman

Dia berharap Pengelolaan SPAM kedepan harus membentuk kelompok yang betul betul mampu mengelola dengan baik, selanjutnya, pengumuman juga harus meloporkan seluruh aktivitas nya kepada masyarakat.

“Saya yakin Ruslan akan mampu mengelola SPAM ini dengan baik,”.Raja.( cr )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here