150 Pasien Jalani Operasi Katarak, Bakti Sosial Alumni SMP 2- 84 dan SMP N 1- 74

0
644

IndependenNews.com, Lingga — Sedikitnya 150 pasien penderita katarak memenuhi ruang Rumah sakit Umum Daerah Dabosingkep Kabupaten Lingga. Para pasien tersebut melakukan pemeriksaan mata sekaligus operasi Katarak gratis Bhakti sosial oleh Alumni SMP Negeri 02 dabo Tahun 1984, bekerja sama dengan Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung.

Selain Alumni SMP Negeri 02 tahun 1984, Alumni SMP Negeri 1 Dabo angkatan tahun 1974, turut juga bergabung melaksanakan bhakti sosial dengan melaksanakan beberapa kegiatan yang di pusatkan di desa Sei Buluh kecamatan Singkep Barat, yakni pembagian kaca mata gratis sebanyak 300 bagi penderita rabun jauh dan dekat, sekaligus pemeriksaan jantung.

Kegiatan bhakti sisial ini, di ikuti sebanyak 150 pendaftar sebagai pasien penderita katarak, jumlah tersebut hasil dari pendataan di sejumlah Puskesmas yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Lingga, ungkap Kepala Dinas kesehatan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DKPPKB) lingga , Syamsu Rizal di sela sela kesibukannya meninjau secara langsung jalannya operasi mata katarak gratis yang dilaksanakan di RSUD Dabo Kabuapten Lingga, kamis (29/3/2018)

” Ada 12 dokter mata yang tergabung di dalam tim, yang menangani para pasien, mereka bekerja sama dengan, Kementerian kesehatan RI, CBM, Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo ( Bandung ), Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia, Yayasan Setia Bakti, Ikatan Dokter Indonesia ( IDI) , Alumni SMP N 1, 74 Dabo, serta Dinas kesehatan Kabupaten lingga, ” kata Syamsu Rizal.

Masih di tempat yang sama Tenaga Ahli yang membidangi Kesehatan dan pendiskan, Rudi Purwonugroho mengatakan, Jumlah peserta untuk tahun ini rekatif tebih tinggi dari tahun tahun sebelumnya, mesgipun kegiatan yang sama ini hampir di lakukan setiap tahunnya.

” rata rata penderita katarak berusia lanjut, namun ada juga yang masih belia ” ujar Rudi.

Kita berharap penderita katarak yang ada diwilayah kabupaten lingga setiap tahunnya akan terus menurun, untuk itu, kepada seluruh komponen dalam keikutsertaannya, maupun tim medis yang telah ikut membantu penderita katarak dalam kesembuhannya, tidak surut dalam membantu penderita katarak, bakti sosialnya kita suport, tambah Rudi. ( juhari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here